Kita semua pasti tahu bahwa untuk setiap rokok yang dikonsumsi akan menghasilkan satu buah puntung rokok. Ini jelas karena tidak ada orang yang membakar habis setiap rokok karena bagian puntung rokok adalah filternya. Apakah anda tahu bahwa setiap rokok membutuhkan waktu hingga 10 tahun untuk terdaur? Ini pun belum mengingat bahwa bila puntung rokok tersebut terdaur di dalam tanah maka bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat mencemari tanah dan air tanah lingkungan kita.

Menurut artikel dari Reuters maka produksi rokok di Indonesia untuk tahun 2009 akan mencapai 240 milyar rokok. Sebagai gambaran, produksi total rokok dunia pada tahun 2004 saja sudah mencapai 5.5 triliun rokok atau kira-kira 10.5 juta rokok per menit.

Bila volume setiap 20 buah puntung rokok adalah 10ml maka volume total untuk 5.5 triliun puntung rokok adalah 2,750,000,000 liter. Volume sebanyak ini akan mengisi sekitar 1,100 kolam renang ukuran olympic penuh dengan puntung rokok (total volume kolam menurut wikipedia adalah 2,500,000 liter). Bayangkan bahwa ini hanya puntung rokoknya, bukan rokok utuh dan dihasilkan setiap tahun!

Ocean Conservancy International setiap tahun mengadakan acara bersih-bersih pantai yang dilakukan diseluruh dunia, walaupun tidak mencapai semua pantai di semua negara. Tetapi data yang mereka memiliki dapat menjadi sample mengenai sampah yang ada di pantai dan laut. Dalam laporan terakhir untuk tahun 2007 mereka mencatat bahwa secara global sampah puntung rokok mencapai 38% dari semua sampah yang terkumpul atau 1,971,551 puntung rokok.

Sebuah yayasan bernama No Butts About It yang berlokasi Amerika Serikat memperkirakan bahwa 80% puntung rokok yang dibuang masuk ke dalam saluran got, sistem air, sungai dan pada akhirnya berakhir di laut. Jumlah ini sangat signifikan karena bila kita tetap ambil data konsumsi tahunan di atas maka hasilnya adalah 4.4 triliun puntung rokok atau 880 kolam renang ukuran olympic penuh puntung rokok yang kita buang ke laut setiap tahunnya.

Untuk di Indonesia sendiri, dengan konsumsi 240 milyar rokok, maka kolam renang puntung rokok yang kita hasilkan setiap tahunnya adalah 48 kolam renang!

Jangan senang dulu karena terlihat kecil dibandingkan jumlah seluruh dunia. Kalau anda perokok, coba anda penuhkan 1 gayung mandi saja, tidak usah ember yang ukurannya besar. Untuk memenuhi ini pun mungkin sebelum penuh anda sudah pingsan. Nah, baru bayangkan banyaknya puntung rokok dalam 1 kolam renang, apalagi 48 kolam.

Kalau menurut data WHO, maka konsumsi rokok Indonesia per kapita adalah 1,742 rokok per orang per tahun. Bila kita urutkan maka menurut NationMaster kita berada di urutan 35 di dunia. Kelihatannya kita kok jauh dibawah. Tetapi bila kita lihat dari segi populasi, maka kita berada di urutan ketiga dunia sehingga tetap saja secara total volume kita tetap sangat besar dengan adanya hubungan antara populasi dan konsumsi per kapita tersebut.

Oleh karena data-data yang ada di atas ini, maka saya berharap bahwa anda dapat melihat secara jelas kerugian yang disebabkan oleh puntung rokok. Bila anda seorang perokok, maka buanglah puntung rokok anda di tempat yang seharusnya. Jangan asal dibuang ke jalan, got, taman, toilet, atau apapun karena itu akan mencemari air tanah, lingkungan dan pada akhirnya pasti mengotori sungai dan laut kita. Lebih menyebalkan lagi adalah melihat orang yang merokok dalam mobil dan puntung rokoknya dibuang langsung ke jalan. Kadang saya melihat orang yang membuang rokok dengan cara disentil dengan gaya masing-masing itu seperti mau keren. Pada kenyataannya, itu tidak keren dan malah merusak lingkungan dan lagi sudah merokok itu merugikan orang lain, puntung rokoknya pun tetap merugikan orang lain lagi. Paling tidak bertanggung jawablah dengan membuang puntung di tempat yang benar.

Lebih baik lagi adalah dengan melihat data-data ini anda pun bisa berhenti merokok sehingga tidak usah pusing lagi soal membuang puntung rokok.

Sumber http://akuinginhijau.org/